Tips Menggunakan Teknologi dalam Bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri

Home / Berita / Tips Menggunakan Teknologi dalam Bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri
Tips Menggunakan Teknologi dalam Bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri Ilustrasi - Penggunaan Aplikasi Meeting Zoom. (FOTO: Zoom)

TIMESKAPUAS, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan terasa berbeda karena masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Meski begitu, momen Lebaran tidak akan hilang jika memanfaatkan teknologi yang ada.

Silaturahmi lewat dunia digital pada Hari Raya Idul Fitri 2020/1441H tetap bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah fitur aplikasi. Mulai dari membuat kartu lebaran, stiker atau GIF, hingga video call bersama.

Kartu Lebaran umumnya dikirimkan kepada relasi, teman dan saudara menjelang Lebaran melalui kantor pos. Namun, pada saat ini para pembaca TIMES Indonesia bisa   memanfaatkan kartu lebaran digital untuk mengirim ucapan hari raya kepada keluarga atau kerabat.

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play untuk membuat kartu ucapan digital tersebut. Bahkan Anda bisa mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi. Cukup menulis kata 'Lebaran', maka semua aplikasi pembuat kartu lebaran bisa dipilih dan digunakan sesuai dengan keinginan.

Kemudian, bagi para pengguna aplikasi messenger, seperti WhatsApp bisa bersilaturahmi dengan stiker. Stiker ini bisa menjadi pilihan lain bagi masyarakat yang kurang suka dengan ucapan kartu lebaran.

Para pengguna WhatsApp, bisa   mengunduh aplikasi stiker khusus bertema Lebaran di PlayStore. Salah satunya, aplikasi 'Stiker Lebaran Idul Fitri 2020' yang dikembangkan oleh Molehoy. Atau Stiker Puasa, Lebaran dan Muslimah yang dikembangkan oleh Jaya Perkasa Abadi.

Bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan tatap muka, bisa menggunakan fitur video call. Meski tidak bisa menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara langsung, fitur ini bisa digunakan untuk saling bertemu dari rumah.

Ada sejumlah pilihan aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari WhatsApp, Messenger Rooms, Zoom, Google Meets hingga LINE. Kapasitas dan fitur setiap aplikasi tersebut beragam, namun bisa menjadi sarana tetap bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri 2020. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com